IP

Minggu, 30 Maret 2014

AKTIVITAS MATAHARI

Salah satu aktivitas matahari, yang sudah diketahui sejak ratusan tahun lalu adalah sunspot, sedangkan sebagian aktivitas lainnya baru satu abad terakhir seiring perkembangan kemajuan teknologi pengamatan. Berikut ini aktivitas-aktivitas matahari yang berhasil diamati dengan teknologi ;


Sunspot, Sunspot adalah sebuah bintik hitam yang terdapat pada permukaan matahari, permukaan tersebut memiliki medan magnet yang sangat besar mencapat 1000-4000 Gauss. Suhu terendah pada permukaan matahari dibandingkan dengan permukaan lainnya adalah permukaan sunspot. Warna sunspot sendiri adalah bintik hitam.

Sumber : http://jersey.uoregon.edu/~imamura/122/lecture-3/stellar_spectra.html

Flare, Flare adalah ledakan yang terjadi di matahari akibat terbukanya salah satu kumparan medan magnet. Jika terjadi flare maka akan berdampak pada cuaca antariksa.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_flare

Prominensa, Prominensa adalah ledakan yang terjadi pada bagian tepi matahari yang tampak seperti lidah menjulur. Prominensa sendiri tampak terang dan panas meskipun sebenarnya lebih dingin dibangdingkan dengan kromosfer dan korona. Prominensa berbentuk garis yang melintang pada permukaan matahari disebut filamen.

Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=MWvIJj3twn0

CME, CME atau Coronal Mass Ejection (Lontaran Massa Korona) adalah sebuah letupan yang menyembur dari matahari dan memiliki energi yang sangat besar dan kecepatan yang tinggi. Memiliki energi sekitar kg hingga kg materi dan kecepatan antara 20km/s sampai dengan 2000km/s,
Sumber : http://www.cmso.info/cme


Referensi 

Martiningrum, D.R., et al (2009). fenomena cuaca antariksa. Bandung: Puspa Swara Bekerja sama dengan Pusfatsainsa-LAPAN.


0 komentar:

Posting Komentar

free counters