Pengertian
Adalah merupakan
salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan
metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi
selama proses pembuatan sistem.
Untuk
mengatasi ketidakserasian antara pelanggan dan pengembang , maka harus
dibutuhakan kerjasama yanga baik diantara keduanya sehingga pengembang akan
mengetahui dengan benar apa yang diinginkan pelanggan dengan tidak
mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan mengetahui proses-proses
dalm menyelasaikan sistem yang diinginkan. Dengan demikian akan menghasilkan
sistem sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang telah ditentukan.
Kunci agar
model prototype ini berhasil dengan baik adalah dengan mendefinisikan
aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang harus setuju
bahwa prototype dibangun untuk mendefinisikan kebutuhan. Prototype akan
dihilangkan sebagian atau seluruhnya dan perangkat lunak aktual aktual
direkayasa dengan kualitas dan implementasi yang sudah ditentukan.
Rapid
Prototyping (RP) dapat didefinisikan sebagai metode-metode yang digunakan untuk
membuat model berskala (prototipe) dari mulai bagian suatu produk (part)
ataupun rakitan produk (assembly) secara cepat dengan menggunakan data Computer
Aided Design (CAD) tiga dimensi. Rapid Prototyping memungkinkan visualisasi
suatu gambar tiga dimensi menjadi benda tiga dimensi asli yang mempunyai
volume. Selain itu produk-produk rapid prototyping juga dapat digunakan untuk
menguji suatu part tertentu. Metode RP pertama ditemukan pada tahun 1986 di
California, USA yaitu dengan metode Stereolithography. Setelah penemuan metode
tersebut berkembanglah berbagai metode lainnya yang memungkinkan pembuatan
prototipe dapat dilakukan secara cepat.
Sejarah Rapid
Prototyping
Pada akhir
1960-an, banyak peralatan mesin yang dikendalikan oleh komputer mulai muncul di
pabrik-pabrik sebagai inovasi terbaru dalam pembuatan efisien dibagian mekanis.
Alat ini mampu menyelesaikan tugas-tugas manufaktur dengan akurasi yang lebih
besar dan konsistensi daripada yang dapat dicapai secara manual, tetapi mereka
harus diprogram setiap kali bagian baru perlu dibangun.
Sejalan
dengan itu di University of Rochester profesor teknik Herbert Voelcker
mengembangkan teori matematika dan algoritma awal yang membentuk dasar untuk
program komputer yang bagian-bagian mesin desain termasuk bagaimana menentukan
permukaan bagian dalam tiga-dimensi. Voelcker sangat tertarik dalam
mengotomatisasi proses yang akan mengambil data dari program-program komputer
untuk program komputer yang dikendalikan alat-alat baru mesin. Banyak pekerjaan
yang menjadi Voelcker standar operasional sepanjang tahun 1970-an dalam hal
bagaimana bagian-bagian mekanik dirancang. Pekerjaan ini akhirnya mengarah pada
pengembangan Computer Aided Design (CAD) program perangkat lunak seperti yang
dikenal saat ini.
Kelebihan dan
Kekurangan
Kelebihan
Rapid Prototyping :
- Kelebihan Mengurangi waktu pengembangan produk.
- Meminimalisasi perubahan-perubahan mendasar.
- Meningkatkan efektifitas komunikasi di lingkungan industri atau dengan konsumen.
- Memperpanjang jangka pakai produk, misalnya dengan menambahkan beberapa komponen fitur atau mengurangi fitur-fitur yang tidak diperlukan dalam desain.
Kekurangan
Rapid Protoyping :
- Memerlukan sumber daya yang cukup besar, terutama untuk proyek dengan skala besar.
- Resiko teknis yang tinggi.
- Sistem yang tidak bisa dimodularisasi.
- Memerlukan kerja keras dalam pengembangan.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar