IP

Minggu, 29 Desember 2013

Teori Antrian


Teori Antrian

Pengertian 

Antrian adalah kondisi dimana obyek-obyek menuju suatu area untuk dilayani, namun kemudian menghadapi keterlambatan disebabkan oleh mekanisme pelayanan mengalami kesibukan. Obyek-obyek disini adalah kita manusia, sebagai contoh seseorang bernama X mengantri dalam membeli tiket kereta api di loket stasiun.

Penyebab

Antrian timbul disebabkan karena ketidakseimbangan antara yang dilayani dengan pelayannya. Kalau dalam contoh diatas berarti yang dilayani adalah pembeli tiket dan pelayannya adalah petugas loket penjual tiket.

Contoh Antrian 
 
1.      Antrian pada pelayanan kasir supermarket
2.      Antrian pengisian bahan bakar di SPBU
3.      Antrian pembelian tiket
4.      Antrian pada lampu merah
5.      Antrian pesawat akan mendarat di suatu bandara
6.      Antrian pelayanan dokter
7.      Antrian kapal laut berlabuh di suatu dermaga, dan lain-lain

Sasaran dilakukannya antrian

 Bagaimana cara mengubah waktu menunggu demikian rupa hingga diperoleh biaya total ‘menunggu’ yang terendah.

Komponen dasar dalam sistem antrian

Komponen yang mempengaruhi sistem antrian :
  1. Input : distribusi jumlah kedatangan per satuan waktu, jumlah antrian yang dimungkinkan, maksimal panjang antrian, maksimal jumlah pelanggan.
  2. Proses Layanan : distribusi waktu pelayanan pelanggan, jumlah server, konstruksi (paralel / seri). 
  3. Disiplin antrian : FIFO, LIFO, random, seleksi prioritas.
Macam-macam aturan antrian
  1.  FIFO (First In First Out) adalah Kedatangan pelanggan pertama menerima pelayanan lebih dulu. Contohnya : Membeli tiket bioskop 
  2. LIFO (Last In First Out) adalah Kedatangan terkahir menerima pelayanan lebih dulu. Contohnya : pembongkaran barang di truk
  3. Random (Acak) adalah penerima pelayanan secara acak. Contohnya : penanganan terhadap pasien gawat di rumah sakit, pengawasan mutu barang dalam quality control. 
Struktur dasar proses Antrian 

Proses antrian pada umumnya dikelompokkan ke dalam empat struktur dasar menurut sifat-sifat fasilitas pelayanan, yaitu :
  •  Satu saluran satu tahap
  • Banyak saluran satu tahap
  • Satu saluran banyak tahap
  • Banyak saluran banyak tahap 
Keempat kelompok ini ditunjukan pada gambar berikut :

0 komentar:

Posting Komentar

free counters