IP

Jumat, 27 Desember 2013

Gejala-Gejala Di Permukaan Bumi

Gejala Pada Atmosfer
  • Terjadi perubahan musim, akibat yang berpengaruh adalah pada musim penghujan, para petani mulai menggarap lahannya.
  • Berpengaruh pada jenis pakaian yang digunakan penduduk, seperti yang terjadi di daerah yang beriklim dingin mengguanakan pakaian yang tebal-tebal.
Gejala Pada Hidrosfer
  •  Besar kecilnya air limpasan, selain dipengaruhi oleh besar dan lamanya hujan juga dipengaruhi oleh penggunaan lahan oleh manusia. Bila perbukitan yang seharusnya dijadikan tempat perasapan air, dijadikan untuk pemukiman, atau kegiatan pertanian yang tidak memperhatikan pelestariannya, maka air limpasan semakin banyak. Air limpasan yaitu air yang mengalir di permukaan tanah (run off).
  • Besar kecilnya cadangan air tanah dipengaruhi banyak sedikitnya peresapan air ke dalam tanah, hal ini dipengaruhi oleh jenis batuan dan jenis penutupan lahan. Cadangan air tanah juga dipengaruhi oleh cara manusia memanfaatkannya. Bila manusia memanfaatkan air tanah secara boros, maka ketersediaannya akan lebih cepat berkurang atau habis.
Gejala Pada Lithosfer
  • Untuk mengurangi tingkat erosi, pemanfaatan lahan di daerah miring dilakukan dengan membuat sengkedan (terrasering).
  • Agar tidak terjadi penurunan daya dukung lahan, maka harus diupayakan pemanfaatan lahan dengan memperhatikan kemampuan lahannya.
Gejala Pada Biosfer

            Keanekaragaman flora dan fauna menyebabkan keanekaragaman konsumsi bahan pangan. Pada daerah penghasil padi penduduk makan nasi dan beras, pada daerah gandum menggunakan terigu sebagai bahan untuk makanannya. Keberadaan hewan juga demikian, sebagai contoh orang Thailand menggunakan gajah untuk membantu pekerjaannya, sedangkan orang Indonesia penduduk memanfaatkan kuda, sapi dan kerbau. Hal ini disebabkan karena keberadaan hewan-hewan itu.

Gejala Pada Antroposfer

            Manusia dipermukaan bumi beragam ada dan budayanya, hal ini mengakibatkan interaksi antar penduduk yang berbeda. Penduduk mempunyai keahlian berbeda-beda pula sehingga terjadi saling membutuhkan, penduduk juga menempati tempat yang berbeda-beda kondisi alam dan sumber daya nya, hal ini menyebabkan kehidupannya juga menjadi beragam karena memanfaatkan alam yang berbeda perlu pengolahan dan alat yang berbeda pula.
             Dengan demikian gejala di permukaan bumi meliputi semua gejala geosfer bagi gejala alam maupun gejala sosial serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya, sebagai pembelajaran agar kita tahu bagaimana cara memberikan sebuah solusi terhadap gejala yang terjadi di permukaan bumi apabila terjadi sebuah perubahan yang dapat merugikan bagi kehidupan makhluk hidup. Gejala yang ada di permukaan ini juga disebabkan oleh manusia dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat mengatasi gejala di permukaan bumi dengan tindakan yang bijaksana terhadap permukaan bumi.



Itulah beberapa review kenapa kita perlu mempelajari gejala di "permukaan bumi" ?



0 komentar:

Posting Komentar

free counters