IP

Selasa, 07 Januari 2014

Komputer Generasi Kelima dan Masa Depan

Komputer Generasi Kelima

     Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration), selain VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, teknologi yang memungkinkan menggantikan peranan chip. Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik, sedangkan teknologi chip hanya dapat memproses milyard operasi perdetik.
    Jepang adalah Negara yang melopori perkembangan komputer generasi kelima. Suatu lembaga untuk pengembangan teknologi komputer telah didirikan di Tokyo, yaitu ICOT(Institute for new Computer Technology). Bila berhasil komputer generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghematan energy komputer dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya


Komputer Generasi Masa Depan

    Membayangkan atau meramalkan perkembangan teknologi komputer dengan tepat untuk masa depat memang sulit. Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun terus meningkat, hal inilah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, coba kita lihat sejarah perkembangan komputer generasi pertama sampai generasi ketiga mengalami perkembangan yang meramalkan komputer generasi keempat akan mengalami perkembangan yang dulunya tidak terpikirkan.
     Suatu peramalan yang sifatnya fiksi meramalkan bahwa komputer masa depan akan dapat berpikir dan memiliki perasaan seperti manusia, dapat dibayangkan kalau satu komputer menyerupai manusia, mana nanti yang lebih unggul ? manusiakah atau komputer, beberapa ilmuwan komputer yakin, suatu ketika akan tercipta suatu komponen yang disebut dengan nama biochip, yang terbuat dari bahan protein sintesis, apakah tidak mungkin robot yang dibuat dengan bahan ini akan merupakan manusia tiruan ? yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Kesimpulan 

     Berdasarkan perkembangannya komputer dari generasi pertama sampai dengan generasi masa depan terjadi perubahan yang sangan pesat dari bentuk ukuran komputer yang semakin kecil, pemrosesan data yang semakin cepat dan pemakaian daya listrik yang semakin hemat. Peningkatan perkembangan terbesar terjadi pada transisi dari generasi pertama ke generasi ketiga  semua dari komputer berubah secara pesat. Sehingga dapat kita lihat tidak serta merta komputer yang ada sekarang melalui proses yang lama tidak ada langsung ada.




Sumbe : 

Jogiyanto H.M, Pengenalan KOMPUTER, Yogyakarta: Andi Offset, 1999. 
 

0 komentar:

Posting Komentar

free counters