IP

Senin, 04 November 2013

TELEMATIKA

          PENGERTIAN

Telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum dan untuk khusus, untuk umum diantaranya; online dan internet sedangkan untuk khusus diantaranya; intranet.


            PERKEMBANGAN

Telematika tak hanya mencakup softwarenya saja melainkan seluruh komponen yang membentuk menjadi sebuah device yang notabennya berhubungan dengan komputer, Entah itu hardwarenya ataupun softwarenya. Bisa kita lihat perkembangan hardware seperti semakin kecilnya ukuran media penyimpanan tapi memiliki kapasitas yang besar, komputer yang dahulunya memiliki ukuran yang besar dan proses nya lampat sekarang semakin kecil ukurannnya dan prosesnya semakin cepat.
GPS, adala sebuah device untuk pelacakan navigasi secara real time berbasis satelite, padahal dulu GPS terpisa ia memiliki device sendiri dan sekarang dalam sebuah smartphone GPS sudah ada dengan software yang semakin mutakhir kita dapat membuat sebuah aplikasi GPS yang digunakan didalam sebuah smartphone, jadi kita tidak perlu membelu dua buah alat cukup satu saja.

Jaringan sekarang sudah ada yang mencapai 4G, bisa kita tengok ke sejarah terdahulu pada generasi pertama masih menggunakan sistem analog dan memiliki kecepatan akses yang masih rendah. Generasi kedua dijadikan sebagai standar komerisal dengan format digital dan memiliki kecepatan rendah-menengah contoh GSM dan CDMA. Generasi ketiga yang disebut sebagai era digital dengan kecepatan yang tinggi contoh WCDMA. Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun). 


TREND

Perangkat komputasi berskala terrabytes, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculkan dengan harga yang logis. Komputasi berskala terabytes juga didukung oleh koneksi wireless dan wireline dengan akses yang super cepat pula. Munculnya pesawat tanpa awak, dapat berkamuflase dan masih banyak lagi dan sekarang perjalanan ke luar angkasa sudah menjadi sebuah hiburan tidak ditutupi lagi.
Trend kedepannya lagi dalam bidang telematika mungkin akan diluar yang kita ketahui, seperti yang kita tahu sebelumnya bagaimana perkemabangan era komputer sangat luar biasa bukan. Mungkin film-film seperti robot akan menjadi kenyataan dimana peran manusia akan tergantikan oleh sebuah Robot bionic yang berwujud manusia dalam melakukan tugasnya. Lihat gambar disamping robot pun punya family lantas bagaimanakah peran manusia dimasa depan ?


Sumber



                  



0 komentar:

Posting Komentar

free counters