IP

Rabu, 20 November 2013

Program PL/SQL Pengurutan Nilai




Logika :
  1. SET SERVEROUTPUT ON, maksud dari program diatas agar output program dapat keluar, jika tidak ditulis maka outputnya tidak akan keluar.
  2. DECLARE, berfungsi untuk mendeklarasi kan variabel dan tipe data yang dibentuk untuk membuat program.
  3. UTS, UAS, HASIL INTEGER (3), maksud dari program diatas adalah kita mendeklarasikan variabel UTS, UAS, DAN HASIL  dengan tipe data integer dan panjang dari tipe data tersebut adalah 3.
  4. BEGIN, berfungsi untuk memulai program yang akan di eksekusi.
  5. UTS :=&UTS, maksudnya adalah variabel UTS akan kita sendiri yang memasukkan nilainya terserah mau berapa disesuaikan dengna tipe datanya dan panjangnya.
  6. UAS :=&UAS, maksudnya adalah variabel UAS akan kita sendiri yang memasukkan nilainya terserah mau berapa disesuaikan dengna tipe datanya dan panjangnya.
  7. NILAI :=(UTS+UAS)/2, maksudnya adalah variabel nilai memiliki hasil dari proses penjumlahan antara VARIABEL UTS DAN VARIABEL UAS yang kemudian dibagi 2.
  8. IF HASIL >= 80 THEN DBMS_OUTPUT.PUT_LINE (‘NILAI ANDA = A’), maksudnya adalah jika nilai dari variabel hasil lebih besar atau sama dengan 80 maka nilai yang akan tercetak adalah A.
  9. ELSIF, berfungsi untuk jika kondisi yang sebelumnya tidak terpenuhi maka akan melanjutkan kondisi yang selanjutnya.
  10. HASIL >= 70 THEN DBMS_OUTPUT.PUT_LINE (‘NILAI ANDA = B’), maksudnya adalah jika nilai dari variabel hasil lebih besar atau sama dengan 70 maka nilai yang akan tercetak adalah B.
  11. ELSIF HASIL >= 60 THEN DBMS_OUTPUT.PUT_LINE (‘NILAI ANDA = C’), maksudnya adalah jika nilai dari variabel hasil lebih besar atau sama dengan 60 maka nilai yang akan tercetak adalah C.
  12. ELSIF HASIL >= 50 THEN DBMS_OUTPUT.PUT_LINE (‘NILAI ANDA = D’), maksudnya adalah jika nilai dari variabel hasil lebih besar atau sama dengan 50 maka nilai yang akan tercetak adalah D.
  13. ELSE, berfungsi untuk kondisi terkahir jika kondisi-kondisi yang sebelum-sebelumnya sama sekali tidak terpenuhi, maka akan melanjutkan kondisi yang paling akhir.
  14. DBMS_OUTPUT.PUT_LINE (‘NILAI ANDA = E’), maksudnya adalah akan mencetak NILAI ANDA = E.
  15. END IF, berfungsi untuk mengakhiri suatu proses kondisi IF.
  16. END, untuk mengakhiri program yang kita buat.
  17. /, berfungsi untuk memanggil program yang kita buat.

0 komentar:

Posting Komentar

free counters