IP

Senin, 24 Desember 2012

PERENCANAAN PENULISAN KARANGAN ILMIAH

         Dalam merencanakan penulisan karangan ilmiah kita harus memperhatikan 6 aspek yang perlu kita teliti dan analisa. Aspek-aspek tersebut sangat akan memberikan tanggapan yang baik bagi para pembaca karangan ilmiah yang kita buat. Ke-6 aspek tersebut diantaranya : Pemilihan Topik, Pembatasan Topik, Pemilihan Judul, Penentuan Tujuan Penelitian, Menentukan Kerangka Karangan, dan Langkah-langkah Penulisan Ilmiah. Dari ke-6 aspek diatas mari kita bahas satu-persatu.
  1. Pemilihan Topik, ya ini adalah salah satu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam membuat sebuah karangan ilmiah, karangan ilmiah yang bagus adalah karangan ilmiah yang memiliki topik yang dapat mewakili sebuah karangan ilmiah itu sendiri dengan membaca topiknya nya saja seorang pembaca akan mengerti dan paham tentang isi dari karangan ilmiah yang kita buat. Dalam menentukan topik juga jangan terlalu teknis, baru dan kontroversial, umumnya hal-hal seperti itu akan memberikan respon kepada pembaca menjadi terlalu melebih-lebihkan dan sudah banyak orang yang biasanya sudah membeuat karangan ilmiah tentang yang baru serta terlalu kontroversi dengan realita yang ada sehingga memberikan tanggapan yang hoax bagi pembaca.
    Juga jangan terlalu luas dalam menentukan topiknya sehingga akan menyebabkan perumitan dan kesulitas dalam membahas.
  2. Pembatasan Topik, topik seharusnya di batasi sehingga tidak akan memberikan pengaruh ke hal yang lain berhubungan, misalnya anda ingin membuat karangan ilmiah yang tentang topiknya pengaruh linkungan terhadap anak yang penderita dysgraphia, nah dari topik tersebut kita harus batasi dari penderita dysgraphianya yang seperti apa dahulu karena jenis dysgraphia itu banyak.
  3. Pemilihan Judul, judul seharusnya melambangkan topik dan sesuai dengan karangan ilmiah yang kita buat. Judul yang dibuat hendaknya juga cocok untuk dibuat penelitian dan tidak terlalu luas dan sempit pula.
    contoh judul yang terlalu luas "Diskriminasi perlakuan seseorang terhadap anak-anak cacat" judul tersebut terlalu luas.
    judul yang terlalu sempit "Anjing dan Kucing" judul tersebut sangat sempit mungkin maksud dari judul tersebut bersifat dialektika antara kucing dan anjing.
  4. Penentuan Tujuan Penilitian, dalam membuat karangan ilmiah tujuan penelitan ini untuk apa ?
    misalnya penelitian ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat banyak khususnya untuk di daerah DKI Jakarta tertinggal seperti daerah-daerah yang masih banyak pemukiman kumuh.
    Sudah jelaskan kan tujuan dari penelitian tersebut untuk masyarakat banyak, untuk pemerintah DKI, untuk menambah pengetahuan jadi kita tahu daerah mana yang masih tertinggal.
  5. Menentukan Kerangka Karangan, sebaiknya dalam menentuka kerangka karangan harus memperhatikan point-point penting tentang karangan ilmiah yang kita buat secara logis. dari mulai menentukan topik, menentukan judul, apakah paham kita sebagai penulis dan apakah data-data yang kita cari itu faktual dan logis serta tidak memberatkan kita sebagai penulis dalam mengumpulkan data-data.
  6. Langkah-langkah Penulisan Ilmiah itu ada tiga diantaranya :
    1. Pemilihan Topik, topik harus dikuasai harus si penulis sehingga tidak membuat susah si penulis di belakang hari. Topik harus dapat menarik perhatian si pembaca sehingga si pembaca merasa penasaran dan ingin tahu.Topik harus memiliki landasan-landasan ilmiah sehingga ada dasar ilmiahnya yang memudahkan memberikan acuan agar tidak melenceng.
    2. Penentuan Judul, judul harus dari pembatasan topik yang sudah ditentukan terlebih dahulu, jadi pertama tentukan topiknya lalu topik tersebut dibatasi agar tidak terlalu luas dan kemudian baru tentukan judulnya.
    3. Pengumpulan Data, data harus dilakukan secara fakta maksudnya tidak berbohong dan harus jujur, misalnya melalui wawancara seseorang, melakukan kuesioner, cari-cari referensi buku di perpustakaan untuk mencari acuan dan jika perlu lakukan lah experiment di laboratorium (jika untuk fisika dan kimia).


    Berikut Ini Beberapa Berita Yang Hangat dan Pas Untuk di Jadikan Topik




    http://nasional.kompas.com/read/2012/12/18/11101881/Dulu.Ruhut.Pembela.Anas.Nomor.Satu




free counters