IP

Minggu, 29 April 2012

KESALAHAN YANG SERING TERJADI PADA MAHASISWA KETIKA PERKULIAHAN

            Setiap 6 bulan ribuan mahasiswa yang mengikuti UTS,UAS dan Ujian Utama, tapi hanya sebagian kecil dari mereka yang berhasil mendapat nilai bagus dan sukses. Jauh lebih besar mahasiswa yang mendapat nilai yang tidak memuaskan dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat nilai bagus. Hal ini dikarenakan pelajaran yang semakin sulit dan makin banyak saja mahasiswa yang masih bersifat malas untuk belajar, sejujurnya mahasiwa yang tidak mendapatkan nilai bagus bukan berarti mahasiswa tersebut itu memiliki kemampuan yang kurang, tapi karena kurangnya semangat mereka dan kemauman mereka dalam belajar.
            Hal yang paling sering membuat mahasiswa jadi malas dan tidak memiliki semangat belajar adalah dari cara dosen menjelaskan mata kuliahnya, dari ke mood mahasiswa tersebut dan dari teman-teman yang enak untuk di ajak bergaul dan mudah untuk diajak belajar bersama. dari ke-tiga hal tersebut harus diperhatikan dengan tingkat perhatian yang tinggi. Mari kita bahas masalah yang pertama, yaitu dari sisi cara dosen yang menjelaskan, misalnya ada sebuah mata kuliah yang harusnya kita sering-sering praktik tapi dosen tersebut hanya memberikan teorinya saja jadi kita jadi lebih paham karena akan langsung berhadapan jika ada kesalah jadi kita tahu.
            Masalah yang kedua, yaitu dari mood mahasiswa sebenarnya mood itu yang mengatur adalah mahasiswa itu sendiri  jika sedang tidak enak kuliah ada baiknya persiapkan dahulu sebelum mood itu muncul bagaimana supaya kita tetap senang kuliah meskipun mood belajarnya kurang. Masalah yang ketiga, yaitu teman-teman yang enak untuk diajak belajar bersama adalah teman-teman yang memiliki tujuan sama dengan orang yang mengadakan belajar bersama itu jadi dengan kata lain kita harus memilih-milih untuk berteman jika memang tujuan kita kuliah dari awal adalah serius dan mendapatkan hasil yang sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar

free counters