IP

Senin, 06 Januari 2014

Sejarah Perkembangan Komputer


Sedikit saya jelaskan sejarah perkembangan komputer 
 
Komputer merupakan alat yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pada awalnya, komputer hanya berupa alat untuk membantu manusia untuk menghitung. Kata computer berasal dari bahasa Inggris (to compute) yang berarti menghitung. Saat ini, computer tidak hanya digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang sederhana maupun yang kompleks saja. Komputer juga digunakan untuk membantu dalam melakukan produktivitas kantor, hiburan, penelitian, pembelajaran, dan lainnya.
Pembagian generasi computer tidaklah pasti. Pendapat yang mengatakan bahwa computer memlikiki empat generasi adalah pendapat Simons. Meskipun Martin M. Lipschutz dan Seymour Lipschutz juga membagi generasi computer menjadi empat generasi, namun pembagian rentang tahunnya berbeda dengan Seperrey Univac, dan Marvin R. Gore dan John W. Stubbe. Namun, pembagian yang sering ditemui adalah pembagian berdasarkan komponen elektronik yang membentuk sebuah computer.
Berdasarkan perkembangan komponen elektronik penyusunnya, komputer generasi pertama adalah komputer yang menggunakan vacuum tube (tabung pijar hampa) yang mengeluarkan panas yang sangat besar dan membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Komputer generasi kedua adalah computer yang menggunakan transistor sebagai pengganti tabung pijar vakum. Komputer generasi ketiga merupakan computer yang menggunakan sirkuit terintegrasi (IC), yakni kumpulan transistor yang dirangkai dalam satu chip/kepingan. Komputer generasi keempat lebih kea rah meringkas ukuran computer yang besar menjadi mudah dibawa ke mana saja. Dari hasil dan pembahasan di dapatkan bahwa perkembangan komputer dari generasi ke generasi lebih ditekankan kepada ukuran fisik dari komputer tersebut bias kita lihat ukuran fisiknya semakin kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

free counters