IP

Minggu, 07 Oktober 2012

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM KONSEP ILMIAH


Bahasa merupakan alat untuk perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi, bahasa dapat berupa bahasa tulis, bahasa lisan, dan bahasa gerak atau bahasa isyarat. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai alat untuk mengekspresikan aspek-aspek kejiwaan manusia, sehingga mereka dapat menarik perhatian orang lain dan membebaskan diri dari tekanan emosi.
  2. Sebagai alat untuk mengadakan hubungan atau berkomunikasi antara anggota masyarakat.
  3. Sebagai alat untuk bekerja sama mengadakan integrasi social.
 Selain fungsi umum, ada pula fungsi khusus. Fungsi khusus bahasa adalah sebagai berikut.

  1. Untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari. ( fungsi praktis )
  2. Untuk mewujudkan seni dan menyatakan keindahan, sehingga manusia dapat memuaskan rasa estetika. ( fungsi artistic )
  3. Untuk mempelajari naskah-naskah kuno. ( fungsi filosofis )
  4. Sebagai usaha mengekploitasi ilmu pengetahuan dan teknlogi.

Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa dengan bahasanya yang berbeda-beda. Variasi perbedaan ini muncul karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terpisah oleh lautan. Selain itu, pada masyarakat tertentu di Indonesia terdapat pula variasi penuturan bahasa yang didasarkan pada lapisan social dalam masyarakat, contohnya, dalam bahasa jawa terdapat perbedaan-perbedaan penuturan atas dasar perbedaan kelas social dan usia.
Bahasa juga mencerminkan sikap seseorang yang ketika berbicara, kepada kelompok menengah ke atas  kita sering menyelipkan istilah atau kata-kata asing, dengan tutur kata yang sopan serasa lebih saling menghormati. Orang-orang yang berada di golongan menengah ke atas juga sering berbicara dengan menggunakan telepon genggamnya. Berbeda dengan kelompok masyarakat yang mengenah ke bawah mereka cenderung mengucapkan kata-kata kasar dan tidak sopan serta tidak enak di dengar.


Referensi : 

Maryati,Kun.,Suryawati,Juju.(2006).SOSIOLOGI untuk SMA dan MA Kelas XI:Penerbit Esis.
 

free counters